Universitas Siber Asia

Profile PJJ Komunikasi

Era Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah perubahan besar yang mampu menggeser lanskap bisnis dan kehidupan sosial masyarakat, dimana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi dan produktivitas, serta mampu menghasilkan wajah baru model bisnis baru berbasis digital yang menawarkan kemudahan dan percepatan. Demikian juga dalam dunia komunikasi, mengalami dampak dan pengaruh besar dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini manusia berkomunikasi lebih banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sangat memungkinkan adanya pertukaran pesan dan informasi tanpa terbatasi oleh ruang dan waktu, kapanpun dan dimanapun komunikasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Accounting-Study-Program_page-0001
Tujuan Program Studi Komunikasi
  1. Tercapainya sistem tata kelola Program Studi Komunikasi PJJ S1 berbasis cyber technology yang mendukung pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi.
  2. Tercapainya Dosen yang kredibel dan kompeten pada bidang Komunikasi Media Digital serta mampu mengaplikasikan teknologi informasi untuk mendukung operasional pembelajaran jarak jauh.
  3. Tercapainya implementasi kurikulum Program Studi Komunikasi PJJ S1 yang fokus dalam pengembangan bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication melalui metode pembelajaran jarak jauh dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  4. Terselenggaranya kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dalam mengembangkan bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication.
  5. Terjalinnya kerja sama dengan perguruan tinggi lain dan industri, serta kemitraan strategis dalam pengembangan bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication di tingkat nasional dan internasional.
Sasaran Program Studi Komunikasi
  • Dihasilkan tata kelola pengembangan Program Studi Komunikasi S1 PJJ berbasis cyber technology.
  • Dihasilkan dosen yang memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication serta mampu mengaplikasikan cyber technology untuk mendukung layanan pembelajaran jarak jauh.
  • Dihasilkan lulusan Program Studi Komunikasi PJJ S1 yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication serta memenuhi kualifikasi mutu lulusan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Dihasilkan karya atau luaran kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication serta berdampak dalam kemajuan masyarakat di Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0.
  • Dihasilkan implementasi penerapan kerjasama di bidang Tridarma dan berdampak pada kemajuan pengembangan bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication.
Visi Program Studi Komunikasi

Menjadi Program Studi Komunikasi PJJ S1 yang Unggul di Tingkat Nasional Berbasis Cyber Technology dalam Pengembangan Keilmuan Komunikasi melalui Platform Media Digital Pada Tahun 2024

Misi Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Komunikasi PJJ S1 Universitas Siber Asia menetapkan beberapa strategi dalam mencapai Visi yang telah ditentukan. Strategi tersebut ditetapkan sebagai butir-butir Misi program studi sebagai berikut:

  • Membangun tata kelola Program Studi Komunikasi PJJ S1 berbasis cyber technology dalam pilar Tridarma Perguruan Tinggi.
  • Meningkatkan mutu dosen yang mampu menguasai perkembangan pada bidang Ilmu Komunikasi Media Digital dalam pemanfaatan teknologi informasi.
  • Menyelenggarakan kurikulum Program Studi Komunikasi PJJ S1 yang fokus pada pengembangan bidang Ilmu Komunikasi Media Digital, meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication dengan metode pembelajaran jarak jauh serta memanfaatkan teknologi informasi sebagai penunjangnya.
  • Menyelenggarakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif pada bidang Komunikasi Media Digital yang meliputi Penyiaran & Komunikasi Digital dan Corporate Communication yang berorientasi pada kontribusi kemajuan di stakeholders.
  • Menyelenggarakan kerja sama dengan perguruan tinggi lain dan industri, serta kemitraan pada bidang Komunikasi Media Digital di tingkat nasional dan internasional.
Jumlah sks Program Studi (minimum untuk kelulusan) adalah 144 sks yang tersusun sebagai berikut :

Konsentrasi Program Studi

KONSENTRASI ATAU PEMINATAN yang dimiliki program studi terdiri dari 2 (dua), yaitu:

1) Digital Content Creative
2) Corporate Communication

Selain itu, penguatan program studi dilakukan melalui TRACK PROGRAM yang berorientasi pada percepatan serta pengembangan kompetensi bagi lulusan, yaitu:

1) Social Media Specialist
2) Cyber Public Relations
3) Digital Marketing Communication
Keunggulan Program Studi Sistem Informasi

Program studi pertama dan satu-satunya program Studi komunikasi PJJ yang
memiliki Peminatan Bidang;

1) Digital Content Creative
2) Corporate Communication

❖ Penguatan kompetensi lulusan melalui Program Teaching Professor, menghadirkan para Praktisi melalui Program Teaching Professional, bekerjasama dengan lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional
Sertifikasi Profesi (BNSP), Dosen yang memiliki kompetensi serta para praktisi bidang peminatan prodi.

❖ Kurikulum yang dirancang Adaptif mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan Informasi berbasis digital dan kompetensi sektor industri media dan penyiaran digital serta inovasi komuniksi korporat pada tahun 2020 – 2024.

❖ Penyesuaian kurikulum merujuk pada konsep “One Stop Digital Communication” yang beriorientasi pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) serta tertuang pada setiap Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), serta ketersediaan learning material yang inovatif, adaptif serta kreatif.

❖ Pendampingan oleh dosen dalam upaya mendorong pembelajaran mandiri (Student Base Learning) berlandaskan pada Learning Design Process (LDP) atau metode pembelajaran yang berorientasi pada studi kasus serta penguatan pada kelompok
belajar mahasiswa sehingga mampu mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa dalam hal creative thinking dan critical thinking.

❖ Membentuk dan menjembatani jaringan komunikasi dengan para alumni dan professional di bidang peminatan Program Studi serta Menjalin Sinergitas Kolaboratif dengan Stakeholders, meliputi Perguruan Tinggi Negeri & Swasta, Lembaga Pemerinta/Swasta/BUMN, Organisasi Profit & Non Profit, Industri Media, Komunitas dan Masyarakat.