Saat ini, Indonesia mengalami bonus demografis dimana penduduk usia produktif lebih banyak daripada penduduk usia tidak produktif. Tentu saja hal ini pun berpengaruh terhadap tren pasar Indonesia yang didominasi oleh kalangan muda, seperti skincare, fashion, atau makanan yang terinfluence oleh banyak influencer dari sosial media. Tren pasar ini pun sangat dinamis dan menuntut para pelaku bisnis untuk selalu up-to-date dengan hal apa saja yang sedang diminati oleh kalangan muda.
Dengan mudahnya akses terhadap banyak informasi menggunakan mesin pencarian ataupun sosial media, konsumen saat ini sangat dipengaruhi oleh isu-isu trending baik berupa permasalahan ataupun resiko yang akan terjadi. Ambil saja satu contoh tentang isu lingkungan yang saat ini marak digaungkan, isu ini berhasil membawa suatu gerakan “hijau” yang digandrungi oleh kawula muda. Maka, ada baiknya pelaku bisnis melihat isu ini menjadi sebuah peluang untuk merambah sektor sustainable living dengan memunculkan produk-produk yang ramah lingkungan, seperti reusable cutlery, peralatan mandi berbahan natural, atau bisa juga produk makanan yang menggunakan bahan-bahan organik.
Selain berangkat dari isu, kemudahan informasi ini pun memberikan akses pada warga untuk melihat apa yang sedang terjadi di luar negara mereka. Anggap saja saat ini Indonesia dilanda Korean Wave dimana segala aspek kehidupan selalu “dikiblatkan” ke Korea Selatan, mulai dari skincare akan lebih menarik jika ada embel-embel made in Korea atau makanan khas Korea seperti Tteokbokki, Bulgogi, Ramyeon, dan masih banyak lagi. Pelaku bisnis yang mengambil sektor ini sudah seharusnya memperhatikan pergerakan apa saja yang terjadi di Korea Selatan dan apa saja yang sedang hits disana, tidak akan lama anak muda Indonesia akan mengikuti.
Mungkin tidak sebesar sektor yang lain, Konsumen muda pun senang berganti gadget. Tentu saja hal ini karena tuntutan untuk memproduksi konten sosial media yang ciamik atau sekedar bergaya saja. Berdasarkan Databoks, gen Z merupakan kelompok yang paling sering membeli gadget lalu diikuti oleh X dan gen millenial. Dengan laju teknologi yang sangat cepat, pelaku bisnis di sektor ini sebaiknya melakukan manajemen operasional dengan baik, jangan sampai stok gadget menumpuk karena antusias daya beli anak muda yang cepat berubah.sebagai pelaku bisnis, tentunya menjadi market leader adalah mimpi yang harus diwujudkan. Dengan memanfaatkan kekuatan sosial media, tentunya membangun brand awareness sangat diperlukan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Para pelaku bisnis juga harus melek terhadap ekosistem bisnis yang dinamis sehingga mampu melakukan inovasi-inovasi radikal yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang saat ini didominasi oleh kalangan muda. Selain itu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah, pelayanan yang maksimal terhadap konsumen. Review produk dan layanan yang kita berikan pada konsumen akan sangat berarti untuk menjadi referensi bagi calon pembeli lainnya agar percaya dan menggunakan produk kita secara berkelanjutan.
Memahami dan merespons dinamika tren konsumen muda dengan strategi yang tepat adalah langkah kunci untuk memastikan bisnis Anda tidak hanya bertahan tapi juga berkembang di pasar yang kompetitif. Inovasi, adaptasi, dan pendekatan yang berkelanjutan terhadap produksi dan pemasaran produk Anda dapat membuka pintu untuk kesuksesan jangka panjang. Apakah bisnis Anda siap untuk beradaptasi dan memimpin pasar dengan menghadapi tantangan ini?
Kontributor : Elvira Rahmaniar Rahmi
Editor : Joko Suhariyanto, S.E.,M.M., CPOD.
Referensi:
Puspita, D. (2023, October 26). Dampak Pergeseran Demografi terhadap Tren Konsumen dan Permintaan Pasar – Read More. Read More. https://readmore.id/dampak-pergeseran-demografi-terhadap-tren-konsumen-dan-permintaan-pasar/
Kusnandar, V. B. (2022, September 30). Era Bonus Demografi, 69% Penduduk Indonesia Masuk Kategori Usia Produktif pada Juni 2022. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/30/era-bonus-demografi-69-penduduk-indonesia-masuk-kategori-usia-produktif-pada-juni-2022
Annur, C. M. (2022, June 28). Ini Sederet Produk yang Paling Rutin Dibelanjakan Anak Muda. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/28/ini-sederet-produk-yang-paling-rutin-dibelanjakan-anak-muda